Senin, 14 Januari 2013


BROKEN SQUARE SEBAGAI MEDIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENULIS NASKAH DRAMA DI KELAS VIII E SMPN 3 KUNINGAN


Oleh :
 Imas Purnamasari (SMPN 3 Kuningan)

ABSTRAK

Masalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam menulis naskah drama menjadi perhatian penulis untuk dicari jalan keluarnya melalui media pembelajaran Broken Square.

Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media pembelajaran Broken Square dapat meningkatkan aktiitas dan hasil belajar siswa dalam menulis naskah drama di kelas VIII E SMPN 3 Kuningan.

Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif yaitu dengan menentukan rata-rata nilai yang diperoleh dari aktivitas belajar serta ketuntasan belajar siswa. Data-data diperoleh dari hasil observasi dan tes akhir.

Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa media pembelajaran Broken Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata sebesar 80,78 dengan tingkat ketuntasan 84,2% dan termasuk pada kategori sangat baik.

Salah satu kegiatan dalam MGMP adalah berdiskusi, berbagi pengalaman, yang didukung oleh sikap keterbukaan,kekeluargaan dan kebersamaan. Dalam pembelajaran  dan penerapan materi  yang  jadi fokus dalam kegiatan ini adalah membuat karya tulis ilmiah “Penelitian Tindakan  Kelas”. Kegiatan ini dilaksanakan di  SMP Negeri 1  Ciawigebang pada pertemuan  ke-2, yang merupakan rangkaian kegiatan MGMP  Bahasa Indonesia Gugus Luragung sebanyak 16 pertemuan.  Diskusi kelompok memungkinkan guru peserta  saling berbagi, saling mengisi dan sharing tentang PTK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar