Senin, 14 Januari 2013

PENERAPAN METODE BELAJAR FIELD STUDY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII B  SMPN I CIGANDAMEKAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

OLEH : NIA WINIANINGSIH, M.Pd.
.
ABSTRAK
.Dalam Proses Pembelajaran terjadi interaksi antara siswa dengan guru yang diharapkan terjadi proses motivasi belajar. Dengan terjadinya proses motivasi belajar, kegiatan belajar yang dilakukan siswa optimal sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Motivasi belajar yang masih kurang (60)  terjadi di kelas VII B SMPN 1 Cigandamekar. Berdasarkan hasil wawancara serta pemantauan dapat disimpulkan penyebabnya adalah pembelajaran yang masih teoritis sehingga dirasakan jenuh dan bosan oleh siswa. Pemilihan metode belajar yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode Field Study mengajak siswa belajar dengan dihadapkan pada objek langsung tidak hanya teoritis/ abstrak. Oleh karena itu rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu “apakah penerapan metode belajar field study  dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi ekosistem di kelas VII B SMPN 1 Cigandamekar tahun pelajaran 2011/2012?”. Tujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dengan menerapkan metode belajar field study pada materi ekosistem di kelas VII B SMPN 1 Cigandamekar Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai  Maret tahun 2012 di kelas VII B SMPN I Cigandamekar semester II tahun ajaran 2011/2012. Materi dalam penelitian ini yaitu ekosistem. Metode penelitian  berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Perlakuan dalam PTK ini adalah penerapan metode belajar field study. Data penelitian adalah motivasi belajar siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa angket dan lembar observasi.
PTK ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada siklus pertama menunjukkan bahwa penerapan metode belajar field study dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, tetapi rata-rata motivasi belajar siswa masih dalam kategori yang kurang (65,03). Hal ini mendasari adanya perbaikan di siklus selanjutnya. Kemudian pada siklus kedua, rata-rata motivasi belajar siswa meningkat dan berada pada rentang kategori tinggi (86,77). Oleh karena itu, berdasarkan hasil yang diperoleh penerapan metode belajar field study dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi ekosistem di kelas VII B SMPN 1 Cigandamekar tahun pelajaran 2011/2012. ***

Kegiatan seminar Laporan PTK IPA MGMP Gugus 1 Cilimus dengan Pengarah
Drs. Sugiman Dirja M.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar