UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DENGAN PEMBERIAN BAHAN AJAR DAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MASALAH
(Penelitian Tindakan Kelas IX C SMPN 1 CIPICUNG pada Pembelajaran IPS Sub Mata Pelajaran Sosiologi)
Oleh: RIRING PAELA, S.Pd
(Guru IPS SMP Negeri 1 Cipicung Kabupaten Kuningan)
ABSTRAK
Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk mengkaji implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual melalui strategi pemberian Bahan Ajar dan LKS berbasis masalah untuk pengajaran IPS dengan materi perubahan Sosial di Kelas IX C SMP Negeri 1 Cipicung. Selanjutnya akan ditelusuri landasan teoritik dan empiriknya mengenai hasil belajar kaitannya dengan pengembangan bahan ajar dan pemberian LKS. Selanjutnya diasumsikan bahan pemberian bahan ajar dan LKS dapat digunakan sebagai dasar untuk memecahkan masalah kurangnya pemahaman siswa terhadap IPS, sehingga siswa memiliki hasil belajar yang tinggi. Pelaksanaan pembelajaran dengan pemberian bahan ajar dan LKS merupakan suatu cara belajar yang mengarah kepada cara berpikir siswa untuk “eksplore” dalam belajar. Diperoleh hasil bahwa setelah diadakan tindakan mulai siklus 1 hingga 2 ternyata hasil belajar siswa mengalami peningkatan hingga sebagaian besar melampau KKM yang telah ditetapkan. Diperoleh kesimpulan bahwa dengan pemberian bahan ajar dan LKS dapat direkomendasikan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata-kata kunci: Hasil Belajar, Bahan Ajar dan LKS berbasis masalah.***
Oleh: RIRING PAELA, S.Pd
(Guru IPS SMP Negeri 1 Cipicung Kabupaten Kuningan)
ABSTRAK
Tujuan penulisan karya tulis ini adalah untuk mengkaji implementasi pendekatan pembelajaran kontekstual melalui strategi pemberian Bahan Ajar dan LKS berbasis masalah untuk pengajaran IPS dengan materi perubahan Sosial di Kelas IX C SMP Negeri 1 Cipicung. Selanjutnya akan ditelusuri landasan teoritik dan empiriknya mengenai hasil belajar kaitannya dengan pengembangan bahan ajar dan pemberian LKS. Selanjutnya diasumsikan bahan pemberian bahan ajar dan LKS dapat digunakan sebagai dasar untuk memecahkan masalah kurangnya pemahaman siswa terhadap IPS, sehingga siswa memiliki hasil belajar yang tinggi. Pelaksanaan pembelajaran dengan pemberian bahan ajar dan LKS merupakan suatu cara belajar yang mengarah kepada cara berpikir siswa untuk “eksplore” dalam belajar. Diperoleh hasil bahwa setelah diadakan tindakan mulai siklus 1 hingga 2 ternyata hasil belajar siswa mengalami peningkatan hingga sebagaian besar melampau KKM yang telah ditetapkan. Diperoleh kesimpulan bahwa dengan pemberian bahan ajar dan LKS dapat direkomendasikan untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata-kata kunci: Hasil Belajar, Bahan Ajar dan LKS berbasis masalah.***
Peserta berpikir keras untuk menuangkan PTK-nya kedalam bentuk artikel ilmiah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar