Senin, 14 Januari 2013

UPAYA PENERAPAN METODE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN PKn STANDAR KOMPETENSI KONSTITUSI YANG DIGUNAKAN DI INDONESIA DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER 1 SMPN 4 CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN


Oleh :
 Atang Jatnika (SMPN 4 Ciawigebang)

ABSTRAK

PenelitianTindakan Kelas (PTK) ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ciawigebang Kabupaten Kuningan yang berjumlah 28 orang siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode Inquiry sehingga pembelajaran dapat bermakna dan menyenangkan. Sedangkan secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan langkah-langkah yang tepat dalam penggunaan metode Inquiry.
Variabel penelitian adalah  1). Penggunaan metode Inquiry dan 2). Aktivitas dan prestasi siswa dalam belajar; Antusias siswa dalam mengikuti pelajaran; Membaca referensi; Partisipasi siswa dalam belajar; Kerjasama kelompok; Ketepatan melaksanakan tugas; hasil nilai tes. Untuk menganalisis data diambil dari hasil dari isian angket, observasi (pengamatan) dan wawancara, yang kemudian direfleksi dan dianalisis dengan deskriptif komparatif yaitu membandingkan pada kondisi awal, siklus I, siklus II maupun dengan indikator kinerja.
Prosedur penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setelah dilakukan penelitian selama 2 siklus, diperoleh perubahan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran dari kondisi awal, siklus I hingga akhir dari siklu II. Dari data yang diperoleh terjadi peningkatan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran di kelas VIII sebesar 18,55 % dari kondisi awal 70,08% menjadi 88,63% pada akhir siklus II. Meskipun peningkatan aktivitas siswa pada siklus II dibanding siklus I, tetapi terjadi kenaikan dalam keberhasulan siswa dalam mencapai ketuntasan belajar. Kenaikan pada ketuntasan belajar siswa dari 47,25% menjadi 87,35%. Dengan demikian secara klasikal keseluruhan nilai ketuntasan belajar siswa sudah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 7,00.
Hal ini setidaknya telah memberikan perubahan lebih baik pada aktivitas siswa dalam minat belajar di kelas.
Dari penelitian ini guru peneliti memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru tentang penerapan model pembelajaran dengan metode pendekatan Inquiry yang diperbaharui. Suasana kelasmenjadi lebih mendorong proses berfikir secara aktif dan hidup, sehingga mengurangi budaya diam dan lesu dalam pembelajaran di kelas VIII SMPN 4 Ciawigebang Kabupaten Kuningan.

 Nara Sumber ; Bapak. Mohamad Muhtar, S.Pd, M.Pd.  sedang  memberikan materi tentang pembuatan Penelitian  Tindakan Kelas (PTK) dalam kegiatan  MGMP  PKn SMP Gugus Ciawigebang yang dilaksana-
kan pada tanggal  8 November 2012  berempat di SMPN 1 Kalimanggis.

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar