Senin, 14 Januari 2013

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ECHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII C DI SMPN 3 CIAWIGEBANG KABUPATEN KUNINGAN


Oleh :
 Kusnati, M.M.Pd (SMPN 3 Ciawigebang)

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti, observer dan subyek yang diteliti. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada siswa kelas VIIC di SMPN 3 Ciawigebang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIC di SMPN 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan yang terdiri dari 32 siswa, dengan komposisi perempuan 10 siswa dan laki-laki 22 siswa. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2012-2013. Proses penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus, setiap siklus satu kali terdiri dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Akhir dari setiap siklus dilaksanakan tes mengunakan instrumen soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus pertama memperoleh nilai 60 dan siklus kedua memperoleh nilai 82. Begitu pula dengan hasil observasi siswa menunjukkan adanya peningkatan pada partisipasi dan aktivitas siswa dengan memperoleh nilai persentase pada siklus pertama 61,5% berkategori cukup dan siklus kedua mencapai 82% berkategori baik. Sedangkan dari hasil observasi kinerja guru diperoleh nilai keterlaksanaan aspek pengamatan pada siklus pertama sebesar 70% dan pada siklus kedua berhasil 100%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika pada kelas VIIC di SMPN 3 Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Selain itu penerapan model model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) ini dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran.  ***

Ibu Kusnati, M.M.Pd., Juara I Lomba KTI PTK Hasil Kegiatan MGMP SMP Kabupaten Kuningan Tahun 2012.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar