Senin, 14 Januari 2013

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGUNGKAPKAN MAKNA TEKS DESCRIPTIVE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD


MGMP BAHASA INGGRIS GUGUS KUNINGAN

Pembawa acara sedang membuka kegiatan  bersama widyaiswara LPMP JABAR  
Ibu Ida Hodijah ,M.M.Pd.
   
Abstraksi
.
    PTK  ini berjudul “Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengungkapkan Makna Teks Descriptive Dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD”. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris aspek membaca (reading comprehension) selalu di bawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Peneliti berharap masalah ini dapat diatasi melalui penelitian dengan menerapkan pendekatan cooperative learning (CL).
    Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik observasi dan evaluasi proses pembelajaran di kelas berupa hasil pre-test dan post-test. Penelitian dilakukan pada siswa-siswi  kelas VIII F SMPN 4 Kuningan yang terdiri dari 40 siswa pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Data yang dikumpulkan bersumber dari penelitian tindakan kelas yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi sebanyak 2 siklus.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar secara kelompok mengalami peningkatan dari 65 menjadi 88, artinya ada peningkatan hasil belajar siswa secara kelompok yaitu sebesar 35,38 %; sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari rata-rata nilai 57,2  menjadi 79,75  artinya ada peningkatan hasil belajar sebesar 22,55 atau sebesar 39,42 %. Hasil belajar yang diperoleh ini dikategorikan sangat baik dan dinyatakan tuntas.
.
Kata-kata kunci : teks descriptive, pendekatan cooperative learning tipe STAD

Peserta MGMP sedang sibuk menempelkan hasil diskusinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar